Rabu, 15 Januari 2020

Penyebab asam urat diusia muda, kenali sebelum terlambat


Salah satu penyakit sendi yang harus diwaspadai adalah penyakit asam urat. Gejala awal asam urat biasanya ditandai dengan rasa nyeri dibagian kaki, yakni persendian lutut dan jari kaki. Namun di beberapa kasus, ada juga yang langsung mengalami nyeri di persendian tangan seperti di pergelangan tangan. Jika semakin lama dibiarkan, rasa nyerinya pun akan semakin bertambah.

Selain rasa nyeri, ada beberapa ciri-ciri orang yang terkena asam urat. Umumnya penderita asam urat menemukan kemerahan di area sendinya, bahkan kadang hingga membengkak. Meski tidak semua orang memiliki gejala yang sama, namun kebanyakan kasus mengalami kondisi demikian.

Menginjak usia 30 tahunan, kadang membuat orang waspada terkena asam urat. Padahal asam urat juga bisa menimpa seseorang di usia muda. Sebelum terlambat, ada pentingnya mengetahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan asam urat diusia muda.

Minuman bersoda

Minuman bersoda ternyata juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan atau terus menerus, maka akan memicu penumpukan kristal asam urat yang mengendap didalam ginjal. Pembuluh darah pun bisa menyempit karena kadar asam urat yang menumpuk.

Diet

Diet ternyata juga menjadi salah satu faktor terkena asam urat lho. Sebab saat diet, orang cenderung mengganti makanan pokoknya dengan kacang-kacangan. Padahal kacang-kacangan justru memicu asam urat. Namun jika masih ingin diet yang aman, disarankan untuk mengonsumsi beras merah dan memperbanyak air putih.

Faktor keturunan/genetik

Asam urat juga bisa terjadi apabila ada faktor keturunan. Artinya asam urat ini juga bisa menjadi penyakit bawaan yang diturunkan. Dalam kasus ini, penderita asam urat bisa memperhatikan riwayat keluarga. Jika sudah banyak anggota keluarga yang terkena asam urat, maka lebih baik mengantisipasinya lebih dini.

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.